Jumat, 08 Januari 2021

Sistem Informasi dan Pemasaran Global

 PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. 

TUJUAN DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Adalah untuk mempermudah para manajer sebuah perusahaan untuk mengambil keputusan seperti arus informasi berkelanjutan mengenai pasar, pelanggan, pesaing dan operasi perusahaan.
SIM berarti pengumpulan, analisis, klasifikasi, menyimpan (storing), mendapatkan kembali (retrieving) dan melaporkan data-data yang relevan menggenai pelanggan, pasar, saluran (chanel), penjual dan pesaing. Dalam suatu perusahaan seharusnya juga mencakup aspek-aspek penting lingkungan eksternal perusahaan, misalnya seperti regulasi pemerintah, merger, akuisisi dan aliansi.
Fungsi SIM dari riset harus menyediakan informasi yang relevan dalam hal waktu, efisiensi biaya dan cara bertindak.
Elemen dasar dari Sistem Informasi Perusahaan Global adalah agenda atau daftar subyek yang informasinya diperlukan. Subyek ini misalnya : pasar, persaingan, mata uang, sumber daya, lingkungan sosial budaya dan lingkungan hukum politik. Setelah agenda subyek ditetapkan, langkah berikutnya adalah pengumpulan informasi yang aktual dengan menggunakan pengamatan (surveillance) dan pncarian (search).
Pemasaran global secara konstan mencari dan mengumpulkan informasi tentang peluang dan ancaman potensial dengan menajamkan fungsi telinga dan mata terhadap petunjuk desas-desus kumpulan informasi dan wawasan berdasarkan pengalaman orang lain.
Mendapatkan informasi secara umum dengan baca Koran, majalah, program-program berita via internet dll adalah jenis pengamatan sekedar melihat atau dapat di sebut dengan Viewing. Sedangkan jika suatu berita relevan atau terkait kasus mengamati berita masuknya pemain baru dalam industri mobil, kemudian mengikuti berita perkembangannya, ini disebut juga dengan pemantauan (monitoring). Monitoring dapat menghasilkan lebih banyak informasi eksternal jika dibandingkan dengan viewing.
Pada modus pencarian (search), karakteristiknya adalah mencari informasi yang spesifik secara sengaja (lebih banyak aktivitas formalnya) pencarian meliputi investigasi dan riset. Investigasi adalah jenis pencarian yang relative terbatas dan informal, misalnya dengan mencari dibuku, artikel, internet tentang topic atau isu khusus. Sedangkan riset adalah seperti yang di jelaskan di bawah ini !
PENGERTIAN RISET, RISET PEMASARAN, RISET PEMASARAN INTERNASIONAL
    Riset adalah upaya mengorganisasikan secara formal guna memperoleh informasi tertentu dan untuk tujuan tertentu pula.
    istilah riset pemasaran (marketing research) mengacu pada pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan dengan baik. Focus dari riset pemasaran adalah masalah atau proyek khusus dengan suatu awal dan akhir. Dalam praktik ,istilah riset pasar (market research)seringkali digunakan secara bertukaran. Riset pemasaran secara konseptual berbeda dengan riset pasar. Riset pasar ruang lingkupnya lebih sempit,karena riset ini menekankan pada informasi konsumen yang ada sekarang dan yang potensial – siapa mereka, mengapa mereka membeli suatu produk atau jasa dan dimana mereka membelinya.    
Riset pemasaran internasional
Pemasaran dalam bisnis internasional sagat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik, peraturan, dll perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran.  Pemahaman tentang lingkungan bisnis internasional seharusnya didasarkan pada penilitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemasaran dan  strategi pemasaran.  Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar